Diary BA Maba UHAMKA 2022

 


Diary BA Maba UHAMKA 2022

Waktu pagi menyapa, dikala matahari belum menampakan bentuk sempurnanya, dan pancaran sinarnya masih terlihat jingga kemerah - merahan bagai sebuah lentera.ya…sekian basa basinya keekeekekekek……

langsung saja kita mulai cerita keseharian Baitul arqam......

Jum’at 19 agustus 2022, sekitar pukul 5:45 WIB, saya sudah bersiap untuk berangkat menuju kampus FKIP menggunakan motor,karena kebetulan kegiatan dilakukan dikampus FKIP. waktu itu kondisi tubuh saya mashi belum 100% fit karena sebelumnya memang belum lama sembuh dari sakit, dan perjalanan yang saya tempuh dari tempat tinggal saya di sawangan sampai kekampus FKIP diwilayah kampung rambutan itu memakan waktu -+ 50 menitan dengan kondisi jalanan yang lumayan padat kendaraan dikarenakan banyak yang pergi bekerja ke wilayah DKI Jakarta. Sesampainya dipintu gerbang kampus FKIP saya diarah kan oleh salah seorang panita Baitul arqam untuk menaruh motor saya diparkiran, dan disaat saya sedang menuju parkiran kendaran berrmotor, saya melihat para peserta sudah ramai berkumpul dihalaman kampus sesuai dengan kelompoknya masing - masing, dan terlintas didalam pikiran saya  “wahh,,gw ketinggalan nih, kalau disuruh pulang kacau nih urusan”, dan ternyata masih belum terlambat untuk ikut berbaris, saya pun diarahkan salah seorang instruktur untuk masuk barisan sesuai kelompoknya. Semua kelompok saya sudah berbaris semua, dan kalau tidak salah, saya adalah anggota kelompok terakhir yang datang. Kemudian satu persatu kelompok diarahkan menuju aula Ahamd Dahlan dilantai teratas Gedung FKIP, dan kemudian acara pembukaan Baitul arqam pun dibuka dengan sambutan dan motivasi para petinggi kampus UHAMKA , dan dilanjutkan oleh pengenalan oleh para instruktur dan pembina Baitul arqam gelombang ketiga ini.

Setelah acara pembukaan tersebut, para mahasiswa Baitul arqam kemudian diarahkan untuk menuju ke kelas yang sudah disiapkan untuk masing – masing kelompok, kami pun segera menuju kelas yang sudah dibagikan, Nah, kelompok saya yaitu kelompok 3, mendapakan kelas yang berada diposisi paling pojok. Setelah masing – masing dari kami masuk ke kelas dan menempati tempat duduk yang sudah di sediakan, kebetulan posisi duduk saya berada tepat di depan bangku tempat instuktur duduk. Kemudian kegiatan pun dimulai dengan memperkenalkan nama dari masing – masing anggota kelompok yang dipimpin oleh instruktur kami yaitu kak Hafizh. Cara perkenalannya pun cukup seru dan unik, yaitu dengan menyebut nama – nama para anggota kelompok sebelumnya, orang kedua menyebut nama orang pertama, dilanjut dengan orang ketiga yang memperkenalkan diri, kemudian menyebut nama orang pertama dan kedua, dan seterusnya sampai orang yang terakhir. Terus setelahnya, dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan persutujuan peraturan yang harus di patuhi oleh semua anggota kelompok, apabila melanggar salah satu tata tertib yang ada, bisa saja nanti mendapatkan sanksi di pulangkan dan harus mengulangi Baitul arqam berikutnya .

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pengisian pre test online , dimana di dalam pre test online tersebut, berisikan pertanyaan – pertanyaan terkait dengan materi yang ada di dalam e-book baitul arqam mahasiswa baru uhamka, dengan tema yang diambil yaitu “SPIRIT ISLAM BERKEMAJUAN UNTUK INDONESIA EMAS”. Setelah mengerjakan pre test online tersebut, lalu isntruktur kami yakni kak Hafizh, memerintahkan kami untuk mengumpulkan hp dari masing – masing anggota kelompok termasuk saya juga, yang dimana hp dari para anggota kelompok akan dikembalikan lagi setelah solat juma,at dan istirahat untuk pengisian test online selanjutnya,dan akan dikumpulkan kembali sampai acara Baitul arqam ditutup

Setelah melakukan pre test online, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi FGD atau diskusi, yang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana masing – masing kelompok FDG diberi satu buah topik bahasan untuk nantinya dijelaskan didepan kelas oleh perwakilan kelompoknya. Kegiatan FGD  pun selesai, para anggota kelompok kami pun dipersilahkan untuk isoma ( laki – laki sholat jum’at), kemudian dilanjutkan dengan pengisian quesioner. Dan setelah itu, barulah dimulai penyampaian materi Baitul arqam yang disampaikan oleh salah satu dosen, materi pertama yang disampaikan adalah tentang “Islam Berkemajuan”. Metode penyampain yang di lakukan adalah dengan pemateri menyampaikan materi -+ 15 menit, lalu dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab, yang dibuka dengan menyampaikan pendapat terlebih dahulu, kemudian baru menyampaikan sebuah pertanyaan, yang nantinya pertanyaan dari para masing – masing penanya, akan ditampung oleh instruktur kelompok sebanyak 5 pertanyaan. Pada sesi penyampaian materi yang pertama ini saya mendapatkan kesempatan untuk bertanya, terkait dengan materi yang sudah disampaikan oleh pemateri. Untuk materi yang kedua dilanjutkan setelah isoma waktu ashar, metode dan tata tertib yang digunakan masih sama,pun juga untuk beberapa sesi kegiatan penyampaian materi berikutnya. Nah, untuk tema yang disampaikan oleh pemateri kedua ini berjudul “Ilmu Amaliah Amal Ilmiah”. Untuk sesi materi kedua ini, instruktur kami mempersilahkan untuk yang belum bertanya, pada sesi pertama.

Kegiatan pun sudah memasuki waktu sore hari, dimana para mahasiswa diberikan waktu istirahat, bersih – bersih, makan, dan sholat. kebetulan waktu itu saya belom sempet mandi heheheh, dikarenakan banyaknya mahasiswa yang mengikuti kegiatan, jadi melihat kamar mandi sudah males duluan karena banyaknya orang. Setelah sholat isya, di lanjutkan lagi dengan penyampaian materi kedua bertemakan “Meneladani Tokoh K.H Ahmad Dahlan dan Buya Hamka”. Setelahnya dilanjut dengan sesi kegiatan fathul qulub dan FGD, dimana pada sesi FGD ini saya berkesampatan menyampaikan hasil diskusi, walapun dengan Bahasa seadanya kekekekek. Setelah kegiatan yang cukup Lelah seharian, para mahasiswa diperkenankan untuk bersistirahat di ruangan yang sudah disiapkan oleh para panita, yang keadaan ruangannya cukup sesak, kalau kata temen kelompok saya mah ‘tidur udah kaya napi desek2an’.

Keesokan harinya saya melakukan ibadah qiyamul lail, tadarus, kultum, dan dilanjutkan dengan sholat subuh, lalu sekitar pukul 5:30, saya melanjutkan kegiatan dengan olahraga dipagi. Kemudian setelahnya, dilanjut dengan test praktek ibadah dikelas masing – masing. Setelahnya dilanjut kembali dengan mendengar penyampain materi ketiga oleh narasumber yang bertemakan “Ibadah Sesuai Al–Qur’an Dan Sunnah”, untuk materi ketiga ini para mahasiswa dilaksanakan di masijd al ulum yang  diikuti oleh semua kelompok Baitul arqam. Setelah selesai, kemudian para mahasiswa diberikan waktu ishoma(Dzuhur). Kegiatan pun dilanjutkan kembali dengan penyampaian materi keempat dengan tema “Prophetic Teaching University”. Untuk sesi kegiatan setelahnya, dilanjutkan kembali dikelas, dan kegiatannya adalah FGD kembali. Kemudian masuk waktu ishoma(ashar), dan setelahnya masuk sesi diskusi pleno, yang dilaksanakan kembali di masjid al ulum. Menjelang waktu maghrib, saya dan yang lainnya diberi waktu ishoma sampai waktu isya datang, sambl mengisinya dengan latihan tampil untuk acara pensi malam nanti. Setelahnya, kemudian dilanjutkan acara lomba mars Muhammadiyah, dan acara pensi. Setelah kegiatan harian yang cukup padat, kemudian saya dan yang lainnya diberi waktu untuk beristirahat untuk penutupan acara esok hari.

Pada hari terakhir, kembali di awalinya kegiatan dengan melaksanakan qiayamul lail dan sholat subuh berjamaah, dimana setelahnya para mahasiswa dikumpulkan kembali diauli Ahmad Dahlan untuk acara penutupan, dan pengumuman lomba, serta peserta Baitul arqam terbaik. Dan bangganya salah satu teman kelompok saya mendapatkan penghargaan peserta Baitul arqam terbaik. Setelah acara penutupan selesai, saya dan teman kelompok semua dikumpulkan kembali ke kelas untuk pengembalian hp, dan penyampain kesan pesan selama Baitul arqam berlangsung.

Sekian dan terimakasih....

by Gusnul Mahesa





Comments

Post a Comment