Waktu pagi menyapa, dikala
matahari belum menampakan bentuk sempurnanya, dan pancaran sinarnya masih
terlihat jingga kemerah - merahan bagai sebuah lentera.ya…sekian basa basinya
keekeekekekek……
langsung saja kita mulai cerita
keseharian Baitul arqam......
Jum’at 19
agustus 2022, sekitar pukul 5:45 WIB, saya sudah bersiap untuk berangkat menuju
kampus FKIP menggunakan motor,karena kebetulan kegiatan dilakukan dikampus
FKIP. waktu itu kondisi tubuh saya mashi belum 100% fit karena sebelumnya
memang belum lama sembuh dari sakit, dan perjalanan yang saya tempuh dari
tempat tinggal saya di sawangan sampai kekampus FKIP diwilayah kampung rambutan
itu memakan waktu -+ 50 menitan dengan kondisi jalanan yang lumayan padat
kendaraan dikarenakan banyak yang pergi bekerja ke wilayah DKI Jakarta.
Sesampainya dipintu gerbang kampus FKIP saya diarah kan oleh salah seorang
panita Baitul arqam untuk menaruh motor saya diparkiran, dan disaat saya sedang
menuju parkiran kendaran berrmotor, saya melihat para peserta sudah ramai
berkumpul dihalaman kampus sesuai dengan kelompoknya masing - masing, dan
terlintas didalam pikiran saya “wahh,,gw
ketinggalan nih, kalau disuruh pulang kacau nih urusan”, dan ternyata masih
belum terlambat untuk ikut berbaris, saya pun diarahkan salah seorang
instruktur untuk masuk barisan sesuai kelompoknya. Semua kelompok saya sudah
berbaris semua, dan kalau tidak salah, saya adalah anggota kelompok terakhir
yang datang. Kemudian satu persatu kelompok diarahkan menuju aula Ahamd Dahlan
dilantai teratas Gedung FKIP, dan kemudian acara pembukaan Baitul arqam pun
dibuka dengan sambutan dan motivasi para petinggi kampus UHAMKA , dan
dilanjutkan oleh pengenalan oleh para instruktur dan pembina Baitul arqam
gelombang ketiga ini.
Setelah acara
pembukaan tersebut, para mahasiswa Baitul arqam kemudian diarahkan untuk menuju
ke kelas yang sudah disiapkan untuk masing – masing kelompok, kami pun segera
menuju kelas yang sudah dibagikan, Nah, kelompok saya yaitu kelompok 3,
mendapakan kelas yang berada diposisi paling pojok. Setelah masing – masing
dari kami masuk ke kelas dan menempati tempat duduk yang sudah di sediakan,
kebetulan posisi duduk saya berada tepat di depan bangku tempat instuktur
duduk. Kemudian kegiatan pun dimulai dengan memperkenalkan nama dari masing –
masing anggota kelompok yang dipimpin oleh instruktur kami yaitu kak Hafizh.
Cara perkenalannya pun cukup seru dan unik, yaitu dengan menyebut nama – nama
para anggota kelompok sebelumnya, orang kedua menyebut nama orang pertama, dilanjut
dengan orang ketiga yang memperkenalkan diri, kemudian menyebut nama orang
pertama dan kedua, dan seterusnya sampai orang yang terakhir. Terus setelahnya,
dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan persutujuan peraturan yang harus
di patuhi oleh semua anggota kelompok, apabila melanggar salah satu tata tertib
yang ada, bisa saja nanti mendapatkan sanksi di pulangkan dan harus mengulangi
Baitul arqam berikutnya .
Kegiatan pun
dilanjutkan dengan pengisian pre test online , dimana di dalam pre test online
tersebut, berisikan pertanyaan – pertanyaan terkait dengan materi yang ada di
dalam e-book baitul arqam mahasiswa baru uhamka, dengan tema yang diambil yaitu
“SPIRIT ISLAM BERKEMAJUAN UNTUK INDONESIA EMAS”. Setelah mengerjakan pre test
online tersebut, lalu isntruktur kami yakni kak Hafizh, memerintahkan kami
untuk mengumpulkan hp dari masing – masing anggota kelompok termasuk saya juga,
yang dimana hp dari para anggota kelompok akan dikembalikan lagi setelah solat
juma,at dan istirahat untuk pengisian test online selanjutnya,dan akan
dikumpulkan kembali sampai acara Baitul arqam ditutup
Setelah
melakukan pre test online, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi FGD atau
diskusi, yang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana masing – masing kelompok FDG
diberi satu buah topik bahasan untuk nantinya dijelaskan didepan kelas oleh
perwakilan kelompoknya. Kegiatan FGD pun
selesai, para anggota kelompok kami pun dipersilahkan untuk isoma ( laki – laki
sholat jum’at), kemudian dilanjutkan dengan pengisian quesioner. Dan setelah
itu, barulah dimulai penyampaian materi Baitul arqam yang disampaikan oleh
salah satu dosen, materi pertama yang disampaikan adalah tentang “Islam
Berkemajuan”. Metode penyampain yang di lakukan adalah dengan pemateri
menyampaikan materi -+ 15 menit, lalu dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab,
yang dibuka dengan menyampaikan pendapat terlebih dahulu, kemudian baru
menyampaikan sebuah pertanyaan, yang nantinya pertanyaan dari para masing –
masing penanya, akan ditampung oleh instruktur kelompok sebanyak 5 pertanyaan.
Pada sesi penyampaian materi yang pertama ini saya mendapatkan kesempatan untuk
bertanya, terkait dengan materi yang sudah disampaikan oleh pemateri. Untuk
materi yang kedua dilanjutkan setelah isoma waktu ashar, metode dan tata tertib
yang digunakan masih sama,pun juga untuk beberapa sesi kegiatan penyampaian
materi berikutnya. Nah, untuk tema yang disampaikan oleh pemateri kedua ini berjudul
“Ilmu Amaliah Amal Ilmiah”. Untuk sesi materi kedua ini, instruktur kami
mempersilahkan untuk yang belum bertanya, pada sesi pertama.
Kegiatan pun
sudah memasuki waktu sore hari, dimana para mahasiswa diberikan waktu
istirahat, bersih – bersih, makan, dan sholat. kebetulan waktu itu saya belom
sempet mandi heheheh, dikarenakan banyaknya mahasiswa yang mengikuti kegiatan,
jadi melihat kamar mandi sudah males duluan karena banyaknya orang. Setelah
sholat isya, di lanjutkan lagi dengan penyampaian materi kedua bertemakan
“Meneladani Tokoh K.H Ahmad Dahlan dan Buya Hamka”. Setelahnya dilanjut dengan
sesi kegiatan fathul qulub dan FGD, dimana pada sesi FGD ini saya berkesampatan
menyampaikan hasil diskusi, walapun dengan Bahasa seadanya kekekekek. Setelah
kegiatan yang cukup Lelah seharian, para mahasiswa diperkenankan untuk
bersistirahat di ruangan yang sudah disiapkan oleh para panita, yang keadaan
ruangannya cukup sesak, kalau kata temen kelompok saya mah ‘tidur udah kaya
napi desek2an’.
Keesokan harinya
saya melakukan ibadah qiyamul lail, tadarus, kultum, dan dilanjutkan dengan
sholat subuh, lalu sekitar pukul 5:30, saya melanjutkan kegiatan dengan
olahraga dipagi. Kemudian setelahnya, dilanjut dengan test praktek ibadah
dikelas masing – masing. Setelahnya dilanjut kembali dengan mendengar
penyampain materi ketiga oleh narasumber yang bertemakan “Ibadah Sesuai
Al–Qur’an Dan Sunnah”, untuk materi ketiga ini para mahasiswa dilaksanakan di masijd
al ulum yang diikuti oleh semua kelompok
Baitul arqam. Setelah selesai, kemudian para mahasiswa diberikan waktu
ishoma(Dzuhur). Kegiatan pun dilanjutkan kembali dengan penyampaian materi
keempat dengan tema “Prophetic Teaching University”. Untuk sesi kegiatan
setelahnya, dilanjutkan kembali dikelas, dan kegiatannya adalah FGD kembali.
Kemudian masuk waktu ishoma(ashar), dan setelahnya masuk sesi diskusi pleno,
yang dilaksanakan kembali di masjid al ulum. Menjelang waktu maghrib, saya dan
yang lainnya diberi waktu ishoma sampai waktu isya datang, sambl mengisinya
dengan latihan tampil untuk acara pensi malam nanti. Setelahnya, kemudian
dilanjutkan acara lomba mars Muhammadiyah, dan acara pensi. Setelah kegiatan
harian yang cukup padat, kemudian saya dan yang lainnya diberi waktu untuk
beristirahat untuk penutupan acara esok hari.
Pada hari terakhir, kembali di awalinya kegiatan dengan melaksanakan qiayamul lail dan sholat subuh berjamaah, dimana setelahnya para mahasiswa dikumpulkan kembali diauli Ahmad Dahlan untuk acara penutupan, dan pengumuman lomba, serta peserta Baitul arqam terbaik. Dan bangganya salah satu teman kelompok saya mendapatkan penghargaan peserta Baitul arqam terbaik. Setelah acara penutupan selesai, saya dan teman kelompok semua dikumpulkan kembali ke kelas untuk pengembalian hp, dan penyampain kesan pesan selama Baitul arqam berlangsung.
Sekian dan terimakasih....
by Gusnul Mahesa


hallo
ReplyDelete